Search

Sunday 10 February 2013

SISTEM BASIS DATA II


1. SISTEM
    Sistem adalah sebuah tatanan yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional yang saling berhubungan dan secara bersama-sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses/pekerjaan tertentu.
2. SISTEM BASIS DATA
     Sistem basis data adalah suatusistem penyusun dan mengelola record-record menggunakan komputer untuk menyimpan atau merekam serta memelihara data operasional lengkap sebuah organisasi/perusahaan sehingga mampu menyediakan informasi yang optimal yang diperlukan pemakai untuk proses mengambil keputusan.
3. KOMPONEN UTAMA BASIS DATA
     A. Hardware
           Perangkat komputer meliputi I/O device, stroge device jaringan komunikasi data.
     B. Sistem operasi
           Perangkat lunak yang memfungsikan, mengendalikan seluruh sumber daya dan melakukan operasi dasar dalam sistem komputer. Harus sesuai dengan DBMS yang digunakan.
     C. Database
           Basis data yang mewakili sistem tertentu untuk dikelola. Sebuah sistem basis data bisa terdiri dari lebih satu basis data.
     D. DBMS (database management sistem)
           Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola database, contoh kelas sederhana : dBase, Foxbase, Rbase, MS Access, MS. Foxpro, Borland Paradox. Contoh kelas kopleks: Borland-interbase, MS. SQL Server, Oracle, Informix, Sybase.
     E. Operator user
           Orang yang mengoperasikan dan berinteraksi dengan sistem basis data, mulai dari yang merancang sampai yang menggunakan di tingkat mahir.
     F. Optimal Software
           pendukung perangkat lunak, bersifat opsional. artinya ada atau tidaknya tergantung pada kebutuhan kita.
4. ABSTRAKSI DATA
       Abstraksi data merupakan tingkatan-tingkatan pengguna dalam memandang bagaimana sebenarnya data diolah dalam sebuah sistem database sehingga menyerupai kondisi yang sebenarnya dihadapi oleh pengguna sehari-hari, sebuah DBMS sering kali menyembunyikan detail tentang bagaimana sebuah data disimpan atau dipelihara dalam sebuah database, dengan tujuan untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan DBMS tersebut.
5. BAGIAN PENYUSUN ABSTRAKSI DATA
       A. Conceptual view
             merupakan yang berkaitan dengan permasalahan data apa sajayang diperlukan untuk disimpan dalam basis data dan penjelasan mengenai hubungan antar datasatu dengan yang lainnya. Dapat disetarakan dengan schema, dilakukan database administrator.
       B.  Physical view
             merupakan bentuk implementasi dari conceptual view, yaitu  pandangan tentang bagaimana data disimpan dalam media penyimpanan data.
       C.  User view
             Merupan level tertinggi dari abstraksi data yang hanya menunjukan sebagian dari basis data dan dapat disejajarkan dengan sub-schema.
6. HUBUNGAN  PENYUSUN ABSTRAKSI DATA


           - Physical  level merupakan level terendah dalam abstraksi data, yang menunjukan bagaimana        sesungguhnya suatu data disimpan. pada level ini pemakai melihat data sebagai gabungan dari struktur dan datanya sendiri. pemakai juga berkompeten dalam mengetahui bagaimana representasi fisik dari penyimpanan data. berikutnya kita masuk pada conceptual level yang berfungsi menggambarkan data apa yang sebenarnya disimpan dalam basis data dan hubungannya dengan data yang lain.
selanjutnya kita masuk pada level tertinggi yaitu view level yang berfungsi hanya menunjukan sebagian basis data.

7. MANFAAT SISTEM BASIS DATA
      A. sebagai komponen utama atau penting dalam sistem informasi, karena merupakan dasar menyediakan       informasi.
      B. mengatasi kerangkapan data.
      C. menghindari terjadinya inkonsistensi data.
      D. mengatasi kesulitan dalam mengakses data.
      E. menyusun format yang standar dari sebuah data.
      F. melakukan perlindungan dan pengamanan data. setiap data hanya bisa diakses atau di manipulasi oleh       pihak yang diberi otoritas terhadap data tersebut.
     G. pengguna oleh banyak pemakai. sebuah database bisa dimanfaatkan sekaligus secara bersama oleh banyak pengguna.








0 comments:

Post a Comment