Search

Saturday 9 March 2013

SISTEM BASIS DATA III


1. PENGERTIAN ENTITAS DAN CONTOHNYA
           Entitas adalah sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik. Abstraksi, misalnya biasanya di anggap juga sebagai suatu entitas. Dalam pengembangan sistem, entitas digunakan sebagai model yang menggambarkan komunikasi dan pemrosesan internal seperti misalnya membedakan dokumen dengan pemrosesan pesanan.

           Entitas dalam informatika
   Analisa data, informasi
   Sebuah database dapat dimodelkan sebagai sekumpulan entitas.
   Entitas (entity) adalah sebuah objek yang keberadaannya dapat dibedakan terhadapobjek lain.
   Entitas dapat berupa orang, benda, tempat, kejadian, konsep.
   Contohnya:
  • Orang : mahasiswa, dosen, pemasok, penjual.
  • Benda :  mobil, mesin, ruangan.
  • Tempat : negara, desa, kampung.
  • Kejadian : penjualan, registrasi
  • konsep : rekening,  kursus  
   Sebuah entitas memiliki jumlah atribut
  • Contoh : mahasiswa memiliki nama dan alamat.
  • Contoh : sekumpulan mahasiswa, dosen, atau perusahaan. 
2. PENGERTIAN RECORD/TUPEL DAN CONTOHNYA
    Record/Tupel merupakan baris pada sebuah relasi atau sekumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entitas secara lengkap. Satu record mewakili satu data atau informasi tentang seseorang.
    pada relasi pegawai dapat kita pahami setiap tupel mempunyai 5 nilai, masing-masing untuk setiap atribut NIP, Nama, Alamat, Gaji, dan Kode div.
   Contoh:
   Record entri mahasiswa adalah kumpulan data value dari field No, Nama, Jurusan dan alamat per-barisnya. Dalam tabel database, record disebut juga baris.

    Nim, nama_m, tmpt_lhr_m, tgl_lhr_m, alamt_m dan atribut lainnya dari seseorang mahasiswa dapat dihimpun dalam sebuah record/baris.
    Model data relasional 
    Pada model relasional. basis data akan "disebar" atau dipilah-pilah dalam berbagai tabel dua dimensi. Setiap tabel selalu terdiri atas jalur mendatar yang disebut baris data (row/record) dan jalur vertikal yang biasa  disebut dengan kolom ( coloum / field).

3. PENGERTIAN FIELD/ATRIBUT DAN CONTOHNYA
  • Field/atribute : satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna.
  • Atribut (field) adalah : elemen, data field, atau data item yang digunakan untuk menerangkan suatu          entribut dari entitas dan mempunyai harga tertentu, misalnya atribut dari entitas pegawai diterangkan oleh nama, umur, alamat, dan pekerjaan
  • Field : merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
  • Field ( medan ) : data terkecil yang memiliki makna. Istilah lain untuk field yaitu elemen dT, kolom item, dan atribut. Contoh field yaitu nama seseorang, jumlah barang ynag dibeli dan tanggal lahir seseorang. 

   Contohnya: 
         setiap file selalu terdapat kunci dari file berupa field atau suatu field yang dapat mewakili record.    misalnya Nomor Pokok Mahasiswa ( NRP) merupakan kunci dari tabel mahasiswa suatu perguruan tinggi, setiap pencarian cukup dengan menyebut naomor mahasiswa tersebut maka dapat diketahui identitas mahasiswa lainnya seperti nama, alamat, atribut lainnya. Nomor pegawai (NIP) bagi dosen, NIK untuk data karyawaan, kode_kuliah untuk dta mata kuliah.

4. ELEMEN DALAM STRUKTUR ENTITAS
      Diagram hubungan antara entitas ( Entity Relatioship Diagram),  ERD adalah suatu model jaringan yang menggunakan susunan data yang disimpan dalam sistem secara abstrak. ERD merupakan model jaringan data yang menekankan pada struktur-struktur dan Relationship data.
   
                    Elemen-elemen dari diagram hubungan entitas antara lain:
                                     Simbol hubungan entitas



Simbol
Nama
Keterangan
Entitas
Di gambarkan dengan bentuk persegi panjang. Entitas adalah sesuatu apa saja yang ada dalam sistem, nyata maupun abstrak dimana data di simpan atau dimana terdapat data.
  
Relasi
Digambarkan dengan sebuah bentuk belah ketupat. Relasi adalah hubungan alamiah yang terjadi antara entitas.

Atribut
Adalah sifat atau karakteristik dari tiap-tiap entitas dan relasi atau elemen data dari entitas dan relasi. Atribut ini digunakan untuk penamaan dari bagian- bagian yang terdapat dalam entitas.

Garis lurus
menghubungkan antara entitas satu dengan entitas yang lainnya.

   A.   Kunci (key) merupakan suatu atribut yang unik yang dapat digunakan untuk membedakan suatu entitas dengan entitas yang lainnya dalam suatu himpunan entitas. Macam kunci (key) yaitu:
  • Primary key (kunci primer)
           adalah satu atribut atau satu set minimal atribut yang tidak hanya mengindentifikasi secara unik suatu kejadian spesifik, tapi juga dapat mewakili setiap kejadian dari suatu entity.
  • Foreign key (kunci tamu)
          Merupakan sembarang atribut yang menunjuk kepada primary key pada tabel yang lain. Foreign key terjadi pada suatu relasi yang memiliki Cardinality one to many atu many to many .

5. RELASI 
    Relasi (Relation) merupakan sebuah tabel dengan kolom-kolom dan baris-baris. pada model relasional, relasi digunakan untik menyimpan informasi mengenai objek-objek yang direpresentasikan dalam basis data. Relasi ini digambarkan dalam bentu tabel dua dimensi. Contohnya mengenai informasi pegawai-pegawai yang bekerja di perusahaan x direpresentasikan pada relasi PEGAWAI yang mengandung informasi nomor induk pegawai, nama, alamat, gaji dan kode divisi tempat pegawai bekerja.

6. JENIS RELASI ANTAR ENTITAS
    A. ONE TO MANY
    Misalkan terdapat relasi antara tabel ibu dan tabel anak dengan nama reasi "mempunyai" dan relasinya 
one- to- many. artinya satu record pada tabel ibu boleh berrelasi dengan banyak record pada tabel anak. Namun satu record pada tabel anak hanyaboleh berrelasi dangan satu record saja pada tabel ibu.



B. ONE TO ONE 
     Jika dua tabel berrelasi one to one artinya setiap rcord do entitas pertama hanya akan berhubugan dengan satu record di entitas kedua begitu pula sebaliknya.


C. MANY TO MANY
     Jika tabel satu ber relasi dengan tabel dua dengan relasi many-to-many artinyaada banyak record di entitas satu dan entitas dua saling berhubungan satu sama lain.











0 comments:

Post a Comment